View : 247 kali


Berita Gereja dan Dunia 2020
Rabu, 17 Juni 2020

Tanggal 21 Juni atau September 2020 Kiamat? Itu Berita HOAX. Inilah 14 Tanda Kiamat dalam Alkitab, Orang Kristen Wajib Tahu!

Tanggal 21 Juni atau September Kiamat? Itu Hanya HOAX. Inilah 14 Tanda Kiamat dalam Alkitab, Orang Kristen Wajib Tahu!

Pertanyaan yang sering orang tanyakan namun tidak menemukan jawaban yang pasti. Kapan Kiamat (Akhir Zaman) akan terjadi?

Tanda akhir zaman yang wajib diketahui orang kristen

Menurut kepercayaan Kristen, akhir zaman merupakan saat dimana Yesus Kristus datang kedua kalinya ke dunia untuk menghakimi semua umat manusia yang ada didunia.

Pada tahun 2012 dunia digemparkan dengan penanggalan kalender suku Maya yang "katanya" dapat memprediksi kapan hari kiamat akan terjadi.

Dunia berpendapat tanggal 21 Desember yang merupakan penanggalan terkahir dari kalender Bangsa Maya merupakan akhir dari kehidupan dunia.

Namun hingga sekarang, hal itu belum dapat dibuktikan.

Apakah hari kiamat akan terjadi? Tidak ada yang mengetahui kapan itu akan terjadi. Namun, Alkitab mencatat, sebelum zaman akhir terjadi, akan ada beberapa tanda yang disebutkan didalamnya.

Untuk itu kali ini kita akan membahasnya, artikel ini ditulis bukan untuk menakuti kita umat percaya, melainkan untuk memperingati kita agar manusia tetap waspada dan berjaga-jaga dalam menyambut kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinya.

1. Perang terjadi dimana-mana

Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. - Matius 24 : 6

Perang merupakan tanda yang sangat signifikan menandakan zaman akhir. Menurut Alkitab, akan terjadi perang dan pemberontakan dimana-mana. Dunia akan mulai memperebutkan kekuasaan, dan mungkin Perang Dunia ke-3 adalah penggenapan dari nubuat yang ada didalam Alkitab.

2. Mesias palsu

Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. - Matius 24:5

Dunia akan dipenuhi dengan orang-orang yang mengaku sebagai juruselamat. Orang yang meniru Kristus akan menyesatkan kamu sekalian, untuk itu janganlah terpengaruh dengan doktrin-doktrin mereka. Namun, meniru Kristus dalam hal ini bukan berarti hanya menjadi Yesus. Melainkan memiliki arti lebih luas.

3. Antikristus

Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. - 1 Yohanes 2 : 18

Orang-orang akan mulai menentang ajaran Yesus Kristus. Setiap orang percaya akan diuji imannya, karena pengikut antikristus akan membantai orang-orang yang menentang mereka. Dan gejolak ini sedang terjadi sekarang. Untuk itu waspadalah!

Seperti yang tertulis didalam Matius 24:9 "Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,"

4. Bencana Alam dan Kelaparan

dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit. - Lukas 21 : 11

Gempa bumi yang sangat dahsyat akan menimpa bumi, disertai dengan bencana alam lainnya. Karena bencana alam yang dahsyat ini, dunia akan dilanda bencana kelaparan.

Bahan pangan akan sulit sekali diperoleh, yang menyebabkan banyak umat manusia akan meninggal karena bencana Alam dan Kelaparan.

5. Nabi palsu

Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. - Matius 24 : 11

Hal yang sudah terjadi saat ini, ketika saya melihat berita, terdapat beberapa orang yang mengaku sebagai nabi, mengaku mendapat hikmat, mengaku mendapat nubuat, dll. Berhati-hatilah terhadap mereka, karena mungkin mereka adalah nabi-nabi palsu yang sedang menyebarkan ajaran sesat.

6. Kemajuan pengetahuan

Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah." - Daniel 12 : 4

Kemajuan pengetahuan adalah hal yang tidak mungkin dibendung lagi, namun Alkitab mencatat bahwa pengetahuan manusia yang bertambah adalah tanda akhir zaman.

7. Ajaran sesat

Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat,tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. - 2 Timotius 4:3

Manusia akan memuaskan keinginan dagingnya. Manusia akan mulai mencari ajaran sesat yang menurut mereka itu baik. Dunia akan dipenuhi dengan hal demikian.

8. Terjadi ketakutan dan kecemasan

"Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. - Lukas 21 : 25-26

Kondisi yang semakin buruk, membuat manusia terpuruk. Kecemasan akan terjadi dimana-mana. Kondisi dunia dan manusia akan sama saja, sama sama hancur.

9. Tidak ada kasih

Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. - Matius 24 : 12

Kasih yang merupakan dasar pengajaran Kristen akan sangat jarang dijumpai, manusia mulai mementingkan dirinya sendiri.

Individualisme adalah hal yang paling mencolok mengenai kasih yang dingin. Melihat zaman yang semakin modern, saya merasakan kasih yang sudah tidak tampak lagi didalam kehidupan orang percaya.

10. Lingkungan yang semakin hancur

dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi." - Wahyu 11 : 18

Membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi. Pada masa akhir, dunia akan mengalami gejolak yang tidak stabil. Dengan sikap manusia yang tidak menjaga lingkungan (membinasakan bumi), krisis global akan terjadi.

Air tercemar, udara tercemar, ozon menipis, dll merupakan tanda-tanda masa akhir yang saat ini sedang kita alami. Untuk itu lestarikanlah lingkungan.

11. Manusia menjadi tidak seperti manusia

Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya.- 2 Timotius 3 : 1-5

12. Pemberitaan Injil secara luar biasa

Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya." - Matius 24 : 14

Seluruh manusia akan mulai memberitakan injil secara besar-besaran. Injil akan disebarluaskan melalui media internet, TV, surat kabar, radio, dll. Dunia akan sangat membutuhkan injil, manusia mulai mencari dimana injil berada.

13. Seks diluar batas dan LGBT

"Seperti pada zaman Lot ... Demikianlah juga pada hari ketika Anak Manusia dinyatakan" - Lukas 17:28, 30

Bagaimana keadaan manusia pada zaman Lot sebelum Allah menghancurkan kota Sodom dan Gomora?

Keadaan pada masa itu sangat tidak terkontrol. Manusia menjadi budak seks dan mencari kepuasan akan seksualitas. Pada masa Lot, terjadi penyimpangan seksual layaknya LGBT.

Sekarang dunia seperti Sodom dan Gomora sudah terlihat, dimana pada masa akhir dunia seperti itu akan dibinasakan Allah layaknya pada pada masa itu.

14. Manusia tidak terkontrol

"Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. - Matius 24 : 37

Pada zaman Nuh, Allah sangat murka terhadap manusia, dikarenakan sifat manusia yang sudah tidak dapat dikontrol. Manusia bertindak sesuka hatinya tanpa takut akan dosa. Dan keadaan seperti zaman Nuh sudah terlihat dan hendak membuat dunia kembali seperti zaman Nuh kembali.


Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. - Matius 24 : 13


Tidak ada yang mengetahui kapan Hari Kiamat akan terjadi, namun satu hal yang pasti tanda-tanda diatas sudah mulai terjadi.

Satu hal yang dapat saya simpulkan, bahwa tanda-tanda akhir zaman, semuanya disebabkan oleh manusia. Dimana, menurut saya manusia sendiri yang menyebabkan akhir zaman. Seperti zaman Nuh dan zaman Lot, Tuhan membinasakan manusia karena Tuhan murka melihat manusia yang menyimpang dari kebenaran.

Namun meninjau peristiwa Nuh dan Lot ada satu kebenaran yang mungkin sedikit orang menyadarinya.

Sebelum menghancurkan atau membinasakan manusia, Allah selalu memberitahu dan menyelamatkan orang yang dekat dan percaya kepada-Nya. Bukan hanya itu saja, seluruh keluaraga orang yang percaya kepada-Nya juga akan diselamatkan.

Lantas bagaimanakah dengan akhir zaman? Disaat manusia mulai berdosa, apakah Allah akan memberitahu kita orang percaya bahwa Dia akan membinasakan manusia untuk terakhir kali? Tentu saya tidak mengetahui jawabannya. Namun, satu hal yang pasti Allah akan menyelamatkan orang-orang yang benar.

Untuk itu berjaga-jagalah karena hari akhir semakin dekat.





Arsip Berita Gereja dan Dunia 2020:

Minggu, 11 Oktober 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Pembuatan Vaksin Corona Ancam Kehidupan Hiu, Kok Bisa?

Senin, 17 Agustus 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Memperingati 51 Tahun Injil Masuk di Hogio

Senin, 17 Agustus 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Reaksi Pengemudi Ojek Online Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 17 Agustus 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Tuhan memilih orang yang Dia inginkan. (Kisah Yakub, Mencuri Hal Kesulungan Kakaknya)

Rabu, 12 Agustus 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Diuji Coba di Bandung

Rabu, 08 Juli 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Injil Bahasa Minang, PGI: Agar Umat Bisa Membaca Alkitab dalam Bahasa Daerah

5 Juli 2020, 13:44:40 WIB
Berita Gereja dan Dunia 2020
Umat Katolik di Kupang Kembali Beribadah Bersama di Gereja

Rabu, 01 Juli 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Gereja di Semarang Dibuka Mulai 18 Juli, Cek Protokol Kesehatannya

Kamis, 9 April 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
Terang Paskah di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 22 Maret 2020
Berita Gereja dan Dunia 2020
PGI Imbau Tiadakan Ibadah di Gereja Selama Dua Pekan Sejak 16 Mar 2020

Arsip Berita Gereja dan Dunia 2020..




Last Searches:

Kategori Utama: Artikel dari Majelis Sinode GPIB (226), Artikel Rohani (23), Berita Gereja dan Dunia (1331), Berita Gereja dan Dunia 2012 (47), Berita Gereja dan Dunia 2013 (412), Berita Gereja dan Dunia 2014 (209), Berita Gereja dan Dunia 2015 (93), Berita GPIB Immanuel Bekasi (28), Berita GPIB Immanuel Bekasi 2011 (5), Berita GPIB Immanuel Bekasi 2012 (5), Berita GPIB Immanuel Bekasi 2014 (60), Berita GPIB Immanuel Bekasi 2015 (63), Bidang Teologi (13), Catatan Dari Meja Pendeta (196), Informasi Kantor Sekretariat (5), Jemaat Sakit Mohon Dukungan DOA (43), Kalender Kegiatan Harian (13), Kegiatan Hari Ini (851), Logo Kain Mimbar (9), Materi Katekisasi (48), Materi Khotbah (10), Materi Pembinaan Jemaat Download (2), Pelayan Firman di Gereja (159), Pelengkap Kidung Jemaat (119), Pembinaan Warga Gereja (16), Peraturan Gereja (10), Perpustakaan Rohani (290), Perpustakaan Rohani 2 (78), Renungan SBU Malam (331), Renungan SBU Malam 2013 (369), Renungan SBU Malam 2014 (368), Renungan SBU Malam 2015 (211), Renungan SBU Pagi (331), Renungan SBU Pagi 2013 (366), Renungan SBU Pagi 2014 (368), Renungan SBU Pagi 2015 (211), SMS dari Pendeta (125), Tentang GPIB Immanuel Bekasi (19), Warta Jemaat (2)
Minggu, 20 September 2020

PEMAIN ORGAN


Minggu, 20 September 2020

UCAPAN TERIMA KASIH


Minggu, 20 September 2020

PEMBERKATAN PERKAWINAN